No icon

Revitalisasi Monas

Menteri Tito Bisa Memecat Anies karena Merevitalisasi Monas Tanpa Izin

Telah beredar sebuah share melalui akun facebook yang menyatakan Caption Pelanggaran Berat #kartumerahbuat anis dengan sebuah keterangan bahwa Tito Karnavian berwenang memecat Kepala Daerah melalui RUU Omnibus Law, salah satunya Gubernur Jakarta Anies Basewdan karena merevitalisasi monas tanpa izin, yaitu mengacu pada Perpres No 25 Tahun 1995, revitalisasi kawasan cagar budaya seperti monas harus rekomendasi kemensetneg.

Namun berdasarkan keterangan yang dari Medcom.id, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian membantah jika RUU Omnibus Law membuat Mendagri bisa memecat Kepala Daerah. Revitalisasi kawasan Monas memang harus mendapat izin dari Komisi Pengarah sesuai dengan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 25 Tahun 1995, bukan Peraturan Presiden (PP) Nomor 25 Tahun 1995. Keppres dan PP adalah dua produk hukum yang berbeda. Kendati demikian, Gubernur DKI Jakarta Anies Bawedan tidak lantas dapat dipecat karena hal tersebut.

Link :

https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/GNlY3R9b-menteri-tito-bisa-memecat-anies-karena-m erevitalisasi-monas-tanpa-izin

Comment