No icon

Berita Hoax

Hoax - ATM Jadi Tempat Tertinggi Penularan Corona, Mencapai 70%

Sebuah informasi yang beredar melalui media sosial tersebar dengan menyebutkan bahwa angka penularan tertinggi sebesar 70% disebarkan melalui mesin ATM.screen shoot share informasi tersebut beredar melalui aplikasi WhatsApp dengan narasi :

"TINGGINYA TINGKAT PENULARAN CORONA DARI MESIN ATM"

"Selamat sore..

Buat Temagn2&Saudara2 sekilas Infor Aja Ya.. Kalo Mau Ambil Uang Di ATM Pake Sarung Tangan Yang Bahan Dari Plastik Atau Karet... Dikarenakan Penyakit Covid 19 / Corona 70% Terinfeksi Dari ATM... Tolong Sebarkan KeTeman2 Yang Terdekat..Sudah Terbukti Teman Dekat Saya Kena dari ATM sdh 13   Orang...Info dari peraat RSPAD"
Berdasarkan penelusuran fakta menurut keterangan dari Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng M Faqih, sebagaimana dilansir oleh LIputan6.com, Faqih menyatakan bahwa mesin ATM memang beresiko sebagai media penularan virus corona COVID-19. "Iya memang beresiko sebagai media penularan Ujar Faqih.

Setiap benda yang banyak disentuh dapat menjadi media penularan virus Corona. Namun, belum terbukti bahwa ATM adalah media penularan tertinggi. namun tetap dihimbau kepada masyarakat tetap waspada dan selalu berhati-hati meskipun ATM bukan media penularan tertinggi, Virus ini dapat menular melalui kontak dengan benda hidup atau benda-benda mati yang sering disentuh, kebersihan tangan yang tidak terjaga, tidak menerapkan etika batuk dan bersin, kerumunan massa yang tidak mengindahkan social distancing 1 meter, tidak melakukan isolasi mandiri setelah melakukan perjalanan dari wilayah/daerah terjangkit, dan kurangnya sosialisasi virus corona di masyarakat.

dok.foto:liputan6

 

Link :

https://web.facebook.com/official.jabarsaberhoaks/posts/546661029601821
https://depok.pikiran-rakyat.com/cek-fakta/pr-09362345/cek-fakta-hoaks-atm-jadi-tempat-tertinggi-penulcorona-capai-70-persen?page=2
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4218774/cek-fakta-tingkat-penularan-virus-corona-covid-19-di-matm-tinggi

Comment