No icon

Berita Hoax

Hoax - Jakarta - Bandung sudah tidak ada penerapan lockdown

Sebuah video beredar melalui media sosial, Dalam video yang berdurasi sekitar 31 Detik tersebut terdapat transkrip percakapan yang mengklaim pembatasan sosial antar wilayah di Tol Jakarta ke arah Bandung sudah tidak diterapkan lagi.sebagaimana dilansir oleh liputan6.com dalam video tersebut ada transkrip :

"Bandung-Jakarta-Bandung sudah tidak ada lockdown

 lihat semua macet, macet mau lockdown-lockdown apalagi?

sudah nggak perlu ngumpet-ngumpet lagi dari rumah

tukang masker pun yang nyimpen masker pun udah rugi sekarang, udah nggak ada yang pakai masker.

Tuh lihat tuh macet semua yang mau mudik juga macet."

Namun ternyata informasi tentang video yang menyatakan bahwa Jakarta ke Bandung dan Bandung ke Jakarta sudah tidak ada lockdown adalah tidak benar. Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto menegaskan, hingga saat ini pemerintah tak melakukan relaksasi dalam kegiatan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Adapun pada hari Rabu 20 Mei 2020 atau H-4 Lebaran Idul Fitri 1441 H petugas gabungan dari Jasa Marga, Kepolisian, dan Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memutar balik 4.003 kendaraan yang terindikasi mudik melalui Tol Jakarta-Cikampek (Japek) dengan memaksa keluar di gerbang tol terdekat di check point Km 31 Cikarang Barat.

Sumber : Kementerian Kominfo, liputan6

Link:

https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4256527/cek-fakta-tidak-benar-video-pembatasan-sosial-di-tol-jakarta-ke-arah-bandung-selesai

https://www.kominfo.go.id/content/detail/26702/disinformasi-jakarta-bandung-sudah-tidak-lockdown/0/laporan_isu_hoaks

 

Comment