No icon

Berita Hoax

Info Hoax - Video Polisi Prancis Memaksa Seorang Wanita Muslim Melepas Hijab

Beredar sebuah share di media sosial yang memperlihatkan seorang polisi membanting wanita di sebuah kantor polisi. Informasi tersebut menarasikan solah-olah  polisi Prancis tersebut memaksa wanita muslim untuk melepas hijab. Pada narasi media sosial  facebook tersebut pengunggah menambahkan caption sebagai berikut:
"Beginilah perlakuan biadab polisi Prancis terhadap Muslimah yg tidak mau dibuka jilbabnya, biadab sekali !! dimana ajaran "kasih" yang kaliannbanhgakan itu ??? #TetapBoikotPerancis".

Berdasarkan hasil penelusuran fakta yang ada, sebagaimana dilansir oleh medcom.id ternyata video yang beredar dengan menarasikan Polisi Perancis yang memaksa seorang wanita muslim tersebut adalah tidak benar atau hoax, ternyata video tersebut terjadi di Kanada, dan tidak ada hubungannya dengan penggunaan hijab. Melalui reverse image, video serupa ditemukan pada cbc.ca melalui artikel berjudul "'Worst use of force': Trial begins for officer who threw handcuffed woman to ground face-first" dimuat pada 26 Oktober 2020. Pada artikel itu dijelaskan, video seorang polisi Calgary membanting seorang wanita yang diborgol ke tanah dirilis oleh hakim di persidangan polisi.  Alex Dunn diadili atas tuduhan penyerangan yang menyebabkan cedera tubuh yang berasal dari penangkapan pada tahun 2017. Ya, wanita dalam video itu bernama Dalia Kafi, warga berkulit hitam berusia 26 tahun yang telah ditangkap atas tuduhan melanggar jam malam yang diperintahkan pengadilan.

Sumber : medcom.id

Comment