No icon

Disinformasi Warga 1 RT di Ciracas

Disinformasi - Video Warga 1 RT yang terinfeksi Covid-19 di Ciracas di evakuasi ke Wisma Atltet

Sebuah tayangan video beredar di media sosial dengan caption
"Satu RT warga di Ciracas - Jaktim terkena Covid.. seperti mau wisata saja, ini akan di isolasi ke Asrama Atlet, menurut infor sementara...hati hati jaga kesehatan & selalu menerapkan Protokol Kesehatan"
tampak dalam video tersebut menampilkan beberapa orang dengan membawa tas satu persatu menaiki sebuah bus berwarna kuning.

Namun ternyata, berdasarkan penelusuran fakata Liputan6.com, video yang dinyatakan sebagai informasi warga satu RT di Ciracas, Jakarta Timur dievakuasi ke Wisma Atlet karena positif Covid-19 adalah informasi yang salah (disinformasi). Informasi yang sebenarnya dalam tayangan video tersebut  adalah merekam suasana evakuasi warga yang terinfeksi covid-19 dai Ciracas ke Wisma Atlet karena terinfeksi Covid-19, tetapi bukan warga 1 RT di Ciracas.

Sumber :

https://kominfo.go.id/content/detail/31434/disinformasi-video-warga-1-rt-di-ciracas-dievakuasi-ke-wisma-atlet-karena-covid-19/0/laporan_isu_hoaks
https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4431078/cek-fakta-viral-video-diklaim-1-rt-di-ciracas-dievakuasi-ke-wisma-atlet-karena-covid-19
 

 

Comment