No icon

Pidato Sambutan

Sambutan Pelantikan Dewan MUI

ASSALAMU’ALAIKUM WR WB.

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUANYA

YANG SAYA HORMATI :

 

•  KETUA UMUM DEWAN PIMPINAN MUI KABUPATEN ....................., Bp. Drs. ...............  BESERTA SEGENAP  PENGURUSNYA;

•  PARA SESEPUH PINISEPUH, PARA ALIM PARA ULAMA, PARA PENGURUS DEWAN PIMPINAN MUI KECAMATAN ......................... YANG  AKAN DILANTIK / DIKUKUHKAN

•  BAPAK,IBU SEGENAP UNDANGAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA

 

PUJI  SYUKUR SENANTIASA KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT – TUHAN YME, ATAS LIMPAHAN RAHMAT TAUFIK HIDAYAH SERTA INAYAHNYA, SEHINGGA PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI KITA MASIH DIBERI KESEHATAN DAN KESEMPATAN UNTUK HADIR BERSAMA DALAM SATU TEMPAT DAN  SUASANA YANG PENUH BERKAH, PENUH RAHMAT, SERTA DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT TIDAK ADA ARAL SESUATU APAPUN,   SEMOGA KEHADIRAN KITA SEMUANYA ….AKAN DICATAT SEBAGAI AMAL IBADAH, YANG AKAN MENDAPAT BERKAH DAN MENDAPAT RIDHO DARI ALLAH SWT.

MENGAWALI SAMBUTAN INI ATAS NAMA PRIBADI, ATAS NAMA PEMERINTAH KECAMATAN ......................... DAN SELAKU TUAN RUMAH, SAYA UCAPKAN SELAMAT DATANG/SUGENG RAWUH KEPADA SEGENAP UNDANGAN YANG HADIR DALAM MENGIKUTI ACARA PELANTIKAN / PENGUKUHAN YANG NANTI KAN DILANJUTKAN ORIENTASI DAN PEMBEKALAN BAGI PENGURUS DEWAN PIMPINAN  MUI KECAMATAN ......................... PADA HARI INI,

 

BAPAK,IBU YANG SAYA  HORMATI ;

PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI,   ADA BEBERAPA HAL YANG PERLU SAYA SAMPAIKAN ANTARA LAIN  :

BAHWA MAJELIS ULAMA INDONESIA ADALAH MERUPAKAN WADAH ATAU SEBUAH MAJELIS YANG MENGHIMPUN PARA ULAMA, ZU’AMA,  DAN CENDEKIAWAN MUSLIM INDONESIA, UNTUK MENYATUKAN GERAK DAN LANGKAH UMAT ISLAM INDONESIA DALAM MEWUJUDKAN CITA-CITA  BERSAMA, . DIANTARANYA ADALAH MERAJUT KEBERSAMAAN ATAS DASAR UKHUWAH ISLAMIYAH, UKHUWAH WATHONIYAH, DAN UKHUWAH INSANIYAH DALAM IKHTIAR TURUT MENJAGA KEUTUHAN NKRI, KESATUAN DAN KERUKUNAN NASIONAL, SERTA DEMI TERWUJUDNYA UMAT ISLAM YANG BERKUALITAS DAN BERKARAKTER ISLAM RAHMATAN LIL ‘ALAMIN.

PERLU DIKETAHUI JUGA BAHWA MAJELIS ULAMA INDONESIA ( MUI ) YANG BERDIRI PADA TANGGAL, 7 RAJAB 1395 H ATAU PADA  TANGGAL 26 JULI 1975 DI JAKARTA,  SEBAGAI HASIL DARI PERTEMUAN ATAU MUSYAWARAH PARA ULAMA,, ZU’AMA DAN  CENDEKIAWAN MUSLIM YANG DATANG DARI BERBAGAI PENJURU TANAH AIR,  SEHINGGA SAMPAI SAAT INI LEMBAGA MUI BERDIRI KURANG LEBIH SUDAH 39 TAHUN LAMANYA.

MOMENTUM BERDIRINYA MUI BERTEPATAN KETIKA BANGSA INDONESIA TENGAH BERADA PADA FASE KEBANGKITAN KEMBALI, YAITU SETELAH KURANG LEBIH 30 TAHUN INDONESIA MERDEKA,   DI MANA ENERGI SELURUH ELEMEN BANGSA TELAH BANYAK TERSERAP DALAM PERJUANGAN POLITIK KELOMPOK PADA JAMAN ORDE LAMA YANG KURANG PEDULI TERHADAP MASALAH KESEJAHTERAAN ROHANI UMAT.

NAMUN PADA ERA REFORMASI SEKARANG INI KITA MENYADARI PULA BAHWA KITA BARU  MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL YANG SANGAT KOMPLEK,  SERTA KEMAJUAN  TEKNOLOGI YANG SEMAKIN CANGGIH YANG DAPAT MENGGOYAHKAN BATAS ETIKA DAN MORAL, SERTA BUDAYA GLOBAL, DISAMPING ITU  JUGA BANYAKNYA PENDEWAAN HAWA NAFSU YANG DAPAT MELUNTURKAN ASPEK RELIGIUSITAS MASYARAKAT,  SERTA MEREMEHKAN PERAN AGAMA DALAM KEHIDUPAN UMAT MANUSIA.

SELAIN ITU KEMAJUAN DAN KERAGAMAN UMAT ISLAM DI INDONESIA SEKARANG INI,…

DALAM ALAM PIKIRAN KEAGAMAAN MAUPUN ORGANISASI SOSIAL CENDERUNG SERING MENDATANGKAN KELEMAHAN…

DAN BAHKAN SERING ADANYA PERTENTANGAN DAN KESALAHPAHAMAN  DI KALANGAN UMAT ISLAM SENDIRI, MAKA AKIBATNYA UMAT ISLAM  SEBAGIAN ADA YANG  TERJEBAK DALAM EGOISME KELOMPOK YANG BERLEBIHAN. SEBAGAI CONTOH MISALNYA, SEKARANG BARU MUNCUL ALIRAN KELOMPOK ISIS ( ISLAMIC STATE OF IRAQ AND SYIRIA, YAITU SEBUAH  ALIRAN YANG BERBAU ISLAM RADIKAL, YANG BERPOTENSI MEMBAHAYAKAN KEUTUHAN NKRI DAN MERUSAK TATA KEHIDUPAN YANG TELAH DIBANGUN DI ATAS PRINSIP TOLERANSI DAN PERDAMAIAN.

OLEH KARENA ITU KEHADIRAN MUI, MAKIN DIRASAKAN KEBUTUHANNYA SEBAGAI SEBUAH ORGANISASI KEPEMIMPINAN UMAT ISLAM YANG BERSIFAT KOLEKTIF DALAM RANGKA MENINGKATKAN  SILATURRAHMI, DEMI TERCIPTANYA PERSATUAN DAN KESATUAN SERTA KEBERSAMAAN UMAT ISLAM.

MARILAH KITA  SALING BERGANDENG TANGAN UNTUK MELAKUKAN HAL YANG TERBAIK  DALAM UPAYA TURUT MEWUJUDKAN KEHIDUPAN BERAGAMA DAN BERMASYARAKAT YANG DIRIDHOI ALLAH SWT. KITA SEBAGAI UMAT ISLAM JUGA DIHARAPKAN BISA MEWUJUDKAN UKHWAH ISLAMIYAH DAN KERUKUNAN ANTAR-UMAT BERAGAMA DALAM MEMANTAPKAN PERSATUAN DAN KESATUAN BANGSA.

UNTUK ITU KITA SELAKU UMAT ISLAM YANG TERHIMPUN DALAM LEMBAGA MUI, MARI BERSAMA-SAMA UNTUK MENSOSIALISASIKAN KEPADA SELURUH ELEMEN MASYARAKAT DI LINGKUNGAN KITA MASING-MASING,

AGAR TIDAK TERJEBAK DAN TERJERUMUS MASUK KE ALIRAN TERSEBUT. YAITU ALIRAN KELOMPOK ISIS DAN FAHAM  ISLAM RADIKAL YANG LAIN YANG SUDAH NYATA-NYATA AKAN MEMBAHAYAKAN DAN MERESAHKAN MASYARAKAT.

BAPAK IBU DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI.

SEBELUM SAYA AKHIRI, BERIKUT SAYA LAPORKAN JUMLAH PENGURUS MUI KECAMATAN ......................... YANG AKAN DILANTIK/DIKUKUHKAN  UNTUK MASA BHAKTI 2014 – 2019 ADALAH SEJUMLAH 30 ORANG.

SEDANGKAN PERWAKILAN PENGURUS YANG DIUNDANG ADALAH :

•  DARI DMI         : 3 ORANG

•  DARI ICMI        : 3 ORANG

•  DARI FKDT     : 3 ORANG

•  DARI   BADKO TPQ  : 3 ORANG

•  DARI PENGURUS MUHAMMADIYAH 3 ORANG

•  DAN DARI PENGURUS NU   3 ORANG    :  ;

ITULAH BEBERAPA HAL YANG DAPAT SAYA LAPORKAN,  UNTUK SELANJUTNYA KEPADA  Bp. Drs.H. MUCHOTOB HAMZAH MM SELAKU KETUA UMUM MUI KABUPATEN ..................... MOHON BERKENAN UNTUK MELANTIK,/MENGUKUHKAN,MEMBERIKAN SAMBUTAN, PENGARAHAN, PEMBEKALAN  DAN PENCERAHAN PADA KESEMPATAN INI. .

SEMOGA CERMINAN KERUKUNAN, KEPATUHAN, DAN KESATUAN SEMANGAT INI,  HENDAKNYA DAPAT  DI IMPLEMENTASIKAN  TIDAK HANYA UNTUK UMAT MUSLIM SAJA , AKAN TETAPI LEBIH JAUH UNTUK BANGSA DAN NEGARA SERTA UMAT MANUSIA DI MUKA BUMI INI. BAHWA  AJARAN AGAMA ADALAH  SEBAGAI PEDOMAN BAGI KITA UNTUK SELALU BERSIKAP ARIF DAN BIJAKSANA.

 

SEMOGA ALLAH SWT, TUHAN YANG MAHA KUASA SELALU MEMBIMBING LANGKAH KITA  SEMUANYA, AMIN.

 

KURANG LEBIHNYA MOHON MAAF.

WASSALAMU’ALAIKUM WR WB.

Comment