No icon

Naskah Pidato Sambutan

Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi

Berikut adalah contoh konsep pidato sambutan yang bisa disalin dan di edit sesuai dengan kebutuhan dan selera masing-masing, berikut contoh naskah pidato sambutannya :

ASSALAMU’ALAIKUM WR WB

 

SELAMAT PAGI DAN SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEMUA

 

YANG  KAMI HORMATI  :

-  BAPAK BUPATI .............;

-  IBU WAKIL BUPATI .............;

-  KEPALA BIRO TATA PEMERINTAHAN SETDA PROVINSI JAWA TENGAH; BP/IBU.......................................................

-  KETUA KOMISI A DPRD KABUPATEN .....................;

-  PARA PIMPINAN SKPD KABUPATEN ..................... YANG HADIR;

-  REKAN-REKAN CAMAT BESERTA SEKCAM SE KABUPATEN .....................;

-  KAPOLSEK ......................... DAN DANRAMIL .........................;

-  PARA KEPALA DESA/LURAH, SEKDES/SEKLUR  SE WILAYAH EMPAT KECAMATAN;

-  BAPAK/IBU SEGENAP UNDANGAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA

 

PUJI SYUKUR SENANTIASA KITA PANJATKAN KEHADIRAT ALLAH SWT ATAS LIMPAHAN RAHMAT, TAUFIK, HIDAYAH DAN INAYAHNYA,  SEHINGGA PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI KITA DAPAT DIPERTEMUKAN  HADIR BERSAMA-SAMA DI TEMPAT INI DALAM KEADAAN SEHAT WAL AFIAT TANPA ADA  ARAL SESUATU APAPUN, DALAM ACARA  LAUNCHING PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN ( PATEN ) BERBASIS SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI ( SINTA ) KABUPATEN .....................,  YANG DILAKSANAKAN PADA HARI INI SELASA 30 DESEMBER 2014.

 

ATAS NAMA PRIBADI DAN ATAS NAMA PEMERINTAH KECAMATAN ........................., KAMI MENGUCAPKAN SELAMAT DATANG ( SUGENG RAWUH ) KEPADA BAPAK/IBU  SEGENAP UNDANGAN YANG TELAH HADIR UNTUK MENGIKUTI ACARA INI DENGAN PENUH SEMANGAT DAN DENGAN RASA KEBERSAMAAN.

SELANJUTNYA SEKILAS  KAMI SAMPAIKAN KEPADA BAPAK/IBU SEKALIAN TERKAIT PENYELENGGARAAN KEGIATAN PADA HARI INI,

BAHWA BERDASARKAN KEPUTUSAN BUPATI ............. NOMOR : 130/409/2014,  KECAMATAN ......................... DITUNJUK SEBAGAI SALAH SATU KECAMATAN PENYELENGGARA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN KABUPATEN ..................... BESERTA 3 KECAMATAN LAIN YAITU ............., KALIKAJAR DAN WADASLINTANG , DAN PADA KESEMPATAN YANG BERBAHAGIA INI MENJADI TUAN RUMAH PELAKSANAAN LAUNCHING PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN ( PATEN ) BERBASIS SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI ( SINTA ).

 

SEBAGAIMANA DIAMANATKAN DALAM PERATURAN  MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 4 TAHUN 2010 DALAM RANGKA MERESPON DINAMIKA PERKEMBANGAN PENYELENGGARAAN PEMERINTAHAN DAERAH SERTA MENINGKATKAN KUALITAS DAN MENDEKATKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT,  PERLU MENGOPTIMALKAN PERAN KECAMATAN SEBAGAI PERANGKAT DAERAH TERDEPAN DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN PUBLIK, SEHINGGA PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN (PATEN)  HARUS SEGERA TERLAKSANA SEBAGAI INDIKATOR PENINGKATAN KUALITAS DAN  PENDEKATAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT.

ADAPUN SISTEM PATEN MEMPUNYAI  PERAN DUA RUANG LINGKUP YAITU : PELAYANAN BIDANG PERIZINAN DAN PELAYANAN BIDANG NON PERIZINAN,  YANG PROSESNYA DARI TAHAP PERMOHONAN SAMPAI KE TAHAP TERBITNYA DOKUMEN DALAM SATU TEMPAT, DAN TENTUNYA DIDUKUNG PROSEDUR PENGELOLAAN, PEMROSESAN DAN PENANDATANGANAN TERHADAP KEWENANGAN ATAS PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN YANG DILIMPAHKAN KEPADA CAMAT MELALUI PERATURAN BUPATI ............. NOMOR 33 TAHUN 2014 TENTANG PELIMPAHAN SEBAGIAN URUSAN PEMERINTAHAN DARI BUPATI KEPADA CAMAT DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN.

PERAN KECAMATAN SEBAGAI PERANGKAT DAERAH YANG MENERIMA PENDELEGASIAN SEBAGIAN KEWENANGAN DARI KEPALA DAERAH HARUS MEMILIKI KAPASITAS DAN INOVASI, AGAR KECAMATAN SELAIN SIAP SECARA STRUKTURAL MENERIMA PENDELEGASIAN SEBAGIAN KEWENANGAN, SEKALIGUS JUGA BERDAMPAK PADA PENGUATAN APARATUR YANG OPTIMAL DALAM MELAKSANAKAN TUGAS DAN FUNGSINYA DENGAN MENERAPKAN  “SENYUM SANTUN  SALAM DAN SAPA” DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT. KARENA TERWUJUDNYA PELAYANAN PUBLIK YANG BERKUALITAS (PRIMA) MENJADI SALAH SATU CIRI TATA PEMERINTAHAN YANG BAIK (GOOD GOVERNANCE).

SELAIN MENDUKUNG PELAKSANAAN REFORMASI BIROKRASI MENUJU PEMERINTAHAN YANG GOOD  GOVERNANCE  DAN AKUNTABEL, PATEN JUGA DIHARAPKAN DAPAT MENCIPTAKAN KEPUASAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT, YANG MANA SELAIN PELAYANAN ADMINISTRASI YANG CEPAT DAN AKURAT JUGA PENYEDIAAN RUANG PELAYANAN YANG NYAMAN SEPERTI : TERSEDIANYA RUANG TUNGGU YANG NYAMAN, SURAT KABAR, PAPAN INFORMASI, AIR MINUM GRATIS, TELEVISI ONLINE, INTERNET GRATIS DAN FASILITAS TERBAIK LAINNYA,  SELAIN ITU PATEN DIHARAPKAN JUGA DAPAT MEMBERIKAN PENDEKATAN PELAYANAN,  SERTA JAMINAN KEPASTIAN WAKTU DAN BIAYA PELAYANAN SEHINGGA LEBIH EFEKTIF DAN EFISIEN DALAM KINERJA PELAYANAN PUBLIK.

KINERJA PELAYANAN PUBLIK SANGAT BESAR PENGARUHNYA TERHADAP KUALITAS KEHIDUPAN MASYARAKAT. OLEH KARENA ITU MEMBANGUN SISTEM  PELAYANAN PUBLIK YANG HANDAL ADALAH KESEMPATAN BAGI KITA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT. TIDAK MENGHERANKAN KALAU PERBAIKAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK MENJADI SALAH SATU ALASAN MENGAPA PEMERINTAH MELAKUKAN DESENTRALISASI KEWENANGAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN PUBLIK KEPADA DAERAH; DENGAN MENYERAHKAN KEWENANGAN PENYELENGGARAAN PELAYANAN KEPADA DAERAH, PEMERINTAH BERHARAP PELAYANAN PUBLIK AKAN MENJADI LEBIH RESPONSIF ATAU TANGGAP TERHADAP DINAMIKA MASYARAKAT DI DAERAHNYA.

ADA BEBERAPA HAL YANG MENJADI  KEMUDAHAN BAGI MASYARAKAT DENGAN ADANYA SISTEM PELAYANAN PATEN ANTARA LAIN :

 

1.    KETIKA SISTEM PELAYANAN PERIZINAN DAN NON PERIZINAN YANG DILIMPAHKAN KEPADA CAMAT MELALUI PERATURAN BUPATI ............. NOMOR : 33 TAHUN 2014  TENTANG PELIMPAHAN SEBAGIAN URUSAN PEMERINTAHAN DARI BUPATI KEPADA CAMAT DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN, SEHINGGA KESEMPATAN MASYARAKAT UNTUK IKUT BERPARTISIPASI DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN MENJADI SEMAKIN TERBUKA;

 

2.    MASYARAKAT AKAN  DAPAT DENGAN LEBIH MUDAH MENGAWASI JALANNYA PENYELENGGARAAN PELAYANAN;

 

3.    MASYARAKAT DAPAT MENYAMPAIKAN ASPIRASINYA (LOCAL VOICE) KEPADA PENYELENGGARA PELAYANAN, UNTUK ITU MEKANISME PENYAMPAIAN KELUHAN HARUS DIKEMBANGKAN DI SETIAP SATUAN BIROKRASI;

 

4. BIROKRASI WAJIB MENINDAKLANJUTI KELUHAN YANG DISAMPAIKAN MASYARAKAT UNTUK MENGAWASI PRAKTIK PENYELENGGARAAN PELAYANAN SEBAGAIMANA TELAH KAMI TERAPKAN DALAM SISTEM / PROSEDUR PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT;

UNTUK ITU KAMI SELAKU PEMERINTAH KECAMATAN MOHON DO’A RESTU KEPADA BELIAU BAPAK BUPATI  DAN DUKUNGAN DARI SEMUA PIHAK , AGAR BISA MENERAPKAN SISTEM PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN      ( PATEN ) DENGAN BAIK DAN BENAR SESUAI DENGAN PETUNJUK SERTA PERATURAN YANG ADA .

SEBELUM KAMI AKHIRI,  KEPADA BAPAK KEPALA BIRO TATA PEMERINTAHAN SETDA PROVINSI JAWA TENGAH MOHON BERKENAN MEMBERIKAN SAMBUTAN PENGARAHAN, DAN KEPADA BELIAU BAPAK BUPATI KAMI MOHON BERKENAN MEMBERIKAN SAMBUTAN  PENGARAHAN DAN SEKALIGUS MOHON UNTUK MELAUNCHING PELAYANAN ADMINISTRASI TERPADU KECAMATAN ( PATEN ) KABUPATEN ..................... BERBASIS SISTEM INFORMASI TERINTEGRASI PADA HARI INI,

 

ITULAH BEBERAPA HAL YANG DAPAT KAMI HATURKAN ,ATAS NAMA PEMERINTAH KECAMATAN ......................... SELAKU TUAN RUMAH, APABILA BANYAK KEKURANGAN DALAM MENERIMA KEHADIRAN BAPAK/IBU DAN HADIRIN SEKALIAN, TAK LUPA KAMI MOHON MAAF YANG SEBESAR-BESARNYA.

 

SEKIAN DAN TERIMA KASIH

WASSALAMU’ALAIKUM WR WB

Comment