No icon

Pidato Sambutan Halal Bihalal

Contoh Naskah Pidato Bahasa Indonesia Sambutan Halal Bihalal Idul Fitri

Pada saat hari raya Idul Fitri maupun acara-acara khusus, rangkaian kegiatan halal bihalal merupakan kegiatan yang sering dilakukan, konsep berikut ini cocok digunakan pada saat memberikan sambutan Halal Bihalal dan bisa disesuaikan sesuai dengan kondisi dan kebutuhan :

 

ASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

SALAM SEJAHTERA BAGI KITA SEKALIAN

      

YANG SAYA HORMATI:

 

• PARA SESEPUH DAN PINI SEPUH

• BAPAK KAPOLSEK .........................

• BAPAK DANRAMIL

• PARA KADES/LURAH SE KECAMATAN ......................... BESERTA SEGENAP PERANGKAT DAN PARA STAFNYA

• BAPAK, IBU SEGENAP UNDANGAN, SERTA HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

      

PUJI SYUKUR SENANTIASA KITA PANJATKAN KE HADIRAT ALLAH SWT TUHAN YANG MAHA PENGASIH, ATAS RAHMAT, TAUFIK  DAN HIDAYAH-NYA YANG TELAH DIBERIKAN KEPADA KITA SEMUANYA , SEHINGGA PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI  KITA DAPAT DIPERTEMUKAN HADIR DI TEMPAT INI, DALAM KONDISI SEHAT WAL’AFIAT TIDAK KURANG SUATU APAPUN.

      

MENGAWALI SAMBUTAN INI, DENGAN KERENDAHAN HATI SELAKU PRIBADI, KELUARGA, MAUPUN ATAS NAMA......................... , SAYA MENGUCAPKAN  SELAMAT IDUL FITRI,..

 

TAHUN 1435 HIJRIYAH, TAQOBALLALLAHU MINNA WA MINKUM, TAQOBAL YAA KARIIM, MINAL AIDZIN WAL FAIDZIN.

MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGAN, KEKHILAFAN, DAN KESALAHAN KAMI SELAMA INI, BAIK DALAM BERTUTUR KATA, BERSIKAP, MAUPUN DALAM BERTINDAK.

MARILAH KITA MAKNAI PERAYAAN IDUL FITRI INI, SEBAGAI MOMENTUM UNTUK KEMBALI KEPADA NALURI KEMANUSIAAN YANG MURNI, KEMBALI KEPADA KEBERAGAMAAN KEMASYARAKATAN YANG PENIUH DENGAN KEHARMONISAN DAN KERUKUNAN.

 

DI SISI LAIN, DENGAN KEMBALI KE FITRAH, DIHARAPKAN NILAI KETAQWAAN DAN KESUCIAN YANG TELAH KITA PERJUANGKAN SELAMA MENJALANKAN IBADAH PUASA, DAN IBADAH-IBADAH LAINNYA PADA BULAN RAMADHAN LALU, SEMOGA DAPAT KITA PERTAHANKAN DAN KITA TINGKATKAN NILAI IBADAH KITA, SEHINGGA KITA DAPAT TERLAHIR MENJADI PRIBADI-PRIBADI YANG LEBIH BAIK DAN LEBIH BERKUALITAS.

      

 

HADIRIN YANG SAYA HORMATI

      

IDUL FITRI SELAMA INI DIMAKNAI SEBAGAI SEBUAH ‘KEMENANGAN”, YANG DIDASARKAN KEPADA DUA HAL :

PERTAMA, DARI KATA IDUL FITRI ITU SENDIRI YANG BERARTI KEMBALI KE FITRAH, YAKNI ‘ASAL KEJADIAN’, ATAU ‘KESUCIAN’, ATAU ‘AGAMA YANG BENAR’.

KEDUA, DARI KATA ‘MINAL ‘AIDIN WAL FAIZIN’ YANG BERARTI ‘SEMOGA KITA TERMASUK ORANG-ORANG YANG KEMBALI MEMPEROLEH KEMENANGAN’.

      

MAKA BISA DIPAHAMI BAHWA KATA ‘MINAL ‘AIDIN WAL FAIZIN’ SESUNGGUHNYA BERMAKNA DO’A, YAKNI SEMOGA KITA TERMASUK ORANG-ORANG YANG MEMPEROLEH AMPUNAN DAN RIDHA ALLAH SWT SEHINGGA KITA BISA MENDAPATKAN KEBAHAGIAAN BAIK DI DUNIA MAUPUN BESOK DI ALAM AHIRAT.

SELANJUTNYA, IDUL FITRI PUN MEMILIKI MAKNA YANG SAMA, YAITU SEBAGAI LANGKAH UNTUK PROSES PERSIAPAN DALAM MENGHADAPI TANTANGAN HIDUP YANG MUNGKIN JAUH LEBIH HEBAT DAN BERAT DI MASA-MASA YANG AKAN DATANG. NAMUN JAUH LEBIH PENTING LAGI ADALAH GERAKAN MEMACU MENINGKATKAN MORAL SOSIAL KITA YANG SUCI, MURNI, BAIK DI MATA MANUSIA MAUPUN DALAM RANGKA MENGHARAP RIDHA  ALLAH SWT.

      

HADIRIN YANG BERBAHAGIA,

      

SETELAH KITA DIUJI KEIKHLASANNYA SELAMA BULAN SUCI RAMADHAN UNTUK BERPUASA DAN IBADAH LAINNYA, BERZAKAT, BERSODAQOH, SERTA MELAKUKAN AMAL SHOLEH YANG LAIN, MAKA DI BULAN SYAWAL INI, KITA JUGA DIUJI KEIKHLASANNYA DALAM MERAJUT KEMBALI TALI SILATURAHIM, SALING MEMAAFKAN, SERTA MEMPERERAT UKHUWAH DIANTARA KITA SEKALIAN.

      

BERSILATURAHIM ADALAH IBADAH YANG SANGAT MULIA DAN DENGAN SELALU MENJAGA SILATURAHIM, KITA JUGA AKAN SELALU DIJAGA SERTA DIAWASI ALLAH SWT DALAM SETIAP WAKTU DIMANAPUN KITA BERADA,

      

ADAPUN KEUTAMAAN SILATURAHIM MENURUT HADITS ROSULULLAH MUHAMMAD SAW, ANTARA LAIN ADALAH:

• MERUPAKAN SALAH SATU TANDA DAN KEWAJIBAN IMAN.

• MENDAPATKAN RAHMAT DAN KEBAIKAN DARI ALLAH TA’ALA .

• SERTA MERUPAKAN SALAH SATU SEBAB PENTING MASUK SYURGA DAN DIJAUHKAN DARI API NERAKA.

      

SEGENAP UANDANGAN DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI,

      

ATAS NAMA......................... , SAYA MENGAJAK KEPADA SEMUA HADIRIN , UTAMANYA  KEPADA SEMUA KADES/LURAH BESERTA SELURUH JAJARAN STAF DAN PERANGKATNYA , MELALUI MOMENTUM HALAL BIHALAL DAN SILATURAHIM DALAM RANGKA IDUL FITRI TAHUN 1435 HIJRIYAH INI, MARILAH KITA TINGKATKAN KERJASAMANYA, SEMANGAT KERJANYA, SEMANGAT BELAJARNYA, SEMANGAT UNTUK MEMBANGUN BANGSA DAN NEGARA KITA,

      

SERTA SEMANGAT MEMBENAHI KINERJANYA, AGAR KITA BISA MELANGKAH LEBIH PASTI, DAN BEKERJA SECARA LEBIH SINERGIS DAN TERINTEGRASI LAGI,

DEMIKIAN YANG DAPAT SAYA SAMPAIKAN, KE DEPAN, SAYA BERHARAP SELURUH KEGIATAN PEMERINTAHAN DAN PEMBANGUNAN DI WILAYAH  ......................... INI, …

AKAN LEBIH BAIK, SERTA MENUNJUKKAN PROGRESIVITAS YANG LEBIH SIGNIFIKAN, UNTUK KEMAJUAN SERTA KESEJAHTERAAN MASYARAKAT.......  KHUSUSNYA DAN MASYARAKAT  KABUPATEN ,,,,, PADA UMUMNYA.

     

SEKIAN DAN TERIMA KASIH,

KURANG LEBIHNYA MOHON MAAF

WASSALAMU’ALAIKUM WR.WB

 

 

Daftar Kumpulan naskah pidato sambutan lainnya :

Pidato Sambutan Kebun Bibit Sekolah
Pidato Sambutan Pelantikan Perangkat Desa
Pidato Sambutan Nyadran Perayaan Desa Grebek Desa
PIdato Sambutan Musyawarah Desa
Pidato Sambutan Musrenbangdes
Pidato Sambutan Serah Terima Jabatan PKK
Pidato Sambutan Pembukaan Himpunan PAUD Himpaudi
Pidato Sambutan Workshop Kurikulum PAUD
Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi
Pidato Sambutan Kirab Santri Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat FKDM
Pidato Sambutan Lomba MAPSI
Pidato Sambutan Pelantikan ICMI
Pidato Sambutan PGRI Cabang
PIdato Sambutan Pelatihan Agribisnis Pertanian
Pidato Sambutan Bahasa Indonesia Upacara Hari Pendidikan Nasional
Pidato Sambutan Pembukaan Pameran Pembangunan
Pidato Sambutan Pembukaan Rapat PKK Rakon PKK Evaluasi

Pidato Sambutan Jawa Atur Pambagyo Harjo Sambutan Hari Raya Idul Fitri
PIdato Sambutan Jawa Sohibul Hajat Acara Syukuran
PIdato Sambutan Jawa Pasrah Penganten Kakung
Pidato Sambutan Indonesia Maulid Nabi
Pidato Sambutan Kepala Desa Rakon PKK
Pidato Kepala Desa Himbauan Covid Kepada Warga Masyarakat

Comment