No icon

pidato sambutan PAUD

Pidato Sambutan Bunda PAUD pada acara Bunda PAUD

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam Sejahtera Untuk Kita Semua,
Yang Terhormat,
- Bapak Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten....
- Bapak .......;
- Para Pejabat Pemerintah Kabupaten....;
Yang saya banggakan,
- Para Bunda PAUD baik tingkat Kabupaten maupun Kecamatan;
- Ketua/Pimpinan organisasi mitra, organisasi profesi, organisasi sosial, keagamaan dan masyarakat, dan
- Hadirin para tamu yang berbahagia.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puja puji Syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan berkah dan rahmatnya kepada kita semua sehingga kita masih diberikan nikmat sempat, nikmat kesehatan dan nikmat lain yang tidak terhitung jumlahnya, dan kita masih diberikan kesempatan untuk hadir pada acara ini dengan tidak ada halangan suatu apapun.
Sholawat dan salam senantiasa kita sanjungan kepada Junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW, keluarga dan para sahabatnya, yang kita nantikan syafaatnya di yaumil akhir.

Sebelum memberikan sambutan, saya ingin menyampaikan salam dari Ibu Ketua Paguyuban PAUD, karena beliau tidak bisa hadir pada kesempatan kali ini dan beliau meminta saya untuk hadir mewakili beliau untuk memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bunda-bunda Paud yang selalu berinovasi, berprestasi dan memberikan peran di daerahnya masing-masing. Saya mengucapkan selamat kepada Bunda PAUD Provinsi dan Kabupaten/Kota yang pada kesempatan ini mendapatkan apresiasi, karena telah terbukti dapat melaksanakan peran dan tugasnya secara optimal, sehingga kinerja dan kepedulian untuk layanan PAUD yang berkualitas terwujud secara lebih nyata.
Semoga apresiasi ini memberikan motivasi kepada seluruh bunda PAUD lainnya untuk lebih mengoptimalisasi peran dan tugasnya. Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) memiliki peran penting dalam hal mendasar terkait pembentukan karakter anak; seperti kedisiplinan, kejujuran, etos kerja dan spiritual. Selain pada kearah pertumbuhan dan perkembangan fisik anak, kecerdasan, daya cipta kecerdasan emosi dan kecerdasan spiritual. Anak usia dini bagaikan kertas kosong yang siap ditulisi apapun di atasnya. Ajaran agama Islam menyebutnya “fase fitrah”, artinya bersih dan polos. Peran orang tua dan para gurulah yang akan berperan mengisi dan membentuknya. Pendidikan karakter yang dilakukan saat anak usia dini akan menjadi fondasi dan dasar baginya sebelum Pendidikan kognitif lainnya diberikan.

Oleh karena itu, peran bunda PAUD sangat penting sekali dalam proses penanaman karakter unggul dalam proses pendidikan anak usia dini. Pentingnya pendidikan sejak kecil supaya terus berbekas, maka ada pepatah mengatakan belajar di waktu kecil seperti mengukir di atas batu, belajar sesudah dewasa seperti mengukir di atas air. Bahkan dalam agama Islam anak kecil yang baru lahir langsung diadzankan di telinga yang kanan dan diqomati di telinga yang kiri, untuk apa? untuk menanamkan pengenalan kepada Tuhannya.

Pendidikan Anak Usia dini merupakan pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya.Ontologis, anak sebagai mahluk individu yang mempunyai aspek biologis dan psikologis, pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan konsep belajar melalui bermain, belajar sambil berbuat, belajar melalui stimulasi Pendidikan Anak Usia Dini berdasarkan aspek pedagogis, masa anak dini merupakan masa pondasi awal bagi pertumbuhan dan perkembangan selanjutnya. Dari segi empiris, Pendidikan Anak Usia Dini sangat penting, antara lain menjelaskan bahwa pada waktu manusia lahir, kelengkapan organisasi otak memuat 100-200 milyar sel otak yang siap dikembangkan serta diaktualisasikan mencapai tertinggi. Selain itu tujuan PAUD yang ingin dicapai adalah mengembangkan pengetahuan dan pemahaman orang tua dan guru serta pihak-pihak yang terkait dengan pendidikan dan perkembangan anak usia dini.

Untuk menumbuhkan karakter unggul pada anak, perlu diajarkan dan dibiasakan menjalankan nilai-nilai tertentu; seperti dapat dipercaya, adil, bertanggungjawab, peduli, dan saling menghargai perbedaan. Dalam batas tertentu bisa juga diajarkan pendidikan kewarganegaran.

Tentu saja semua itu dikemas dengan cara dan suasana yang menyenangkan. Lebih banyak menggunakan media bermain dan sedapat mungkin menghindarkan pembelajaran kognitif. Sehingga anak dapat menerimanya dengan riang gembira.
Hadirin yang saya hormati,
Salah satu upaya yang dapat dilakukan oleh para Bunda PAUD di setiap daerah yaitu dengan mendukung pemerintah dalam melakukan intervensi intervensi di tingkat daerah maupun satuan pendidikan. Intervensi yang dapat dilakukan antara lain;
- penguatan kebijakan PAUD yang berpusat pada anak,
- peningkatan kualitas PAUD usia 0-2 tahun dan 3-6 tahun melalui integrasi layanan kesehatan, gizi, dan perlindungan anak,
- peningkatan akses PAUD anak usia 0-2 tahun melalui kemitraan dengan pihak swasta untuk keluarga marginal,
serta
- pengembangan kompetensi dan kualitas pendidik dan tenaga kependidikan.
Bantuan para Bunda PAUD dalam mendorong kinerja pemerintah daerah tentunya akan mempercepat upaya tercapainya hal-hal tersebut di atas. Permasalahan dalam pendidikan apabila upaya untuk mencari jalan keluarnya dilakukan secara bersama dan bersinergi, maka bukan menjadi hal yang mustahil untuk dapat mengurai permasalahan tersebut secara lebih baik. Demikian yang dapat saya sampaikan, semoga melalui kegiatan Apresiasi Bunda PAUD Nasional ini, kita bisa mewujudkan harapan bahwa semua anak-anak Indonesia memperoleh pendidikan PAUD yang berkualitas.
Layanan yang akan memberi jaminan bahwa anak-anak Indonesia akan menjadi anak-anak yang mempunyai karakter baik, karakter unggul dan siap menjadi tumpuan masa depan Bangsa Indonesia.
Terima kasih.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

 

Daftar Kumpulan naskah pidato sambutan lainnya :

Pidato Sambutan PKK pada evaluasi Program Pokok PKK
Pidato Sambutan Bunda PAUD pada acara Bunda PAUD

Pidato Sambutan Rapat Koordinasi Baznas
Pidato Serah Terima Ketua Dharma wanita Persatuan (DWP)
Pidato Penasehat Dharma Wanita Persatuan
Pidato Sambutan Gapoktan Kelompok Tani
Pidato Sambutan Khotmil Quran Haflah Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Kebun Bibit Sekolah
Pidato Sambutan Pelantikan Perangkat Desa
Pidato Sambutan Nyadran Perayaan Desa Grebek Desa
PIdato Sambutan Musyawarah Desa
Pidato Sambutan Musrenbangdes
Pidato Sambutan Serah Terima Jabatan PKK
Pidato Sambutan Pembukaan Himpunan PAUD Himpaudi
Pidato Sambutan Workshop Kurikulum PAUD
Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi
Pidato Sambutan Kirab Santri Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat FKDM
Pidato Sambutan Lomba MAPSI
Pidato Sambutan Pelantikan ICMI
Pidato Sambutan PGRI Cabang
PIdato Sambutan Pelatihan Agribisnis Pertanian
Pidato Sambutan Bahasa Indonesia Upacara Hari Pendidikan Nasional
Pidato Sambutan Pembukaan Pameran Pembangunan
Pidato Sambutan Pembukaan Rapat PKK Rakon PKK Evaluasi
Pidato Sambutan Jawa Atur Pambagyo Harjo Sambutan Hari Raya Idul Fitri
PIdato Sambutan Jawa Sohibul Hajat Acara Syukuran
PIdato Sambutan Jawa Pasrah Penganten Kakung
Pidato Sambutan Indonesia Maulid Nabi
Pidato Sambutan Kepala Desa Rakon PKK
Pidato Kepala Desa Himbauan Covid Kepada Warga Masyarakat

 

 

 

Comment