No icon

Kecoa Dubia

Hewan menjijikan, tetapi menghasilkan Uang!

Kecoa merupakan hewan yang sering kita temui di rumah terutama tempat-tempat yang kotor dan lembab, dan seringkali kecoa membuat takut anak anak maupun wanita, hewan ini memang menjijikan dan seringkali mengganggu dan beterbangan di dalam rumah. Namun ada jenis kecoa yang saat ini menjadi populer karena banyak yang mengembangbiakkan, karena banyak diburu selain untuk hobi juga digunakan sebagai pakan beberapa jenis reptil. Ialah Kecoa Dubia yang juga disebut dengan nama ilmiah Blaptica Dubia adalah kecoa unik yang berasal dari negara Amerika namun sudah banyak dikembangbiakkan di negara kita, di Indonesia.

Blaptica Dubia berkembang biak dengan cara bertelur dan melahirkan (Ovovivipar) dengan masa kehamilan sekitar 28 hari serta usia kecoa dubia agar dapat berkembang biak biasanya sekitar 8 sampai 1 tahun dengan banyaknya anakkan yang dihasilkan sekitar 20 sampai 40 ekor dengan ukuran anakan (Nimfa) yang baru dilahirkan sekitar 2 mm.

Anakan Kecoa Dubia akan siap menjadi indukan lagi sekitar 8 bulan sampai 1 tahun yang ditentukan oleh perawatan dan pemberian pakan yang maksimal maka pertumbuhan Kecoa Dubia dapat dengan cepat menjadi indukan.

untuk pengembangbiakannya tidaklah terlalu sulit, yang umum disiapkan adalah egg try atau karton tempat telur dan box atau kontainer plastik. ketika itu sudah disiapkan kita hanya perlu untuk membeli indukannya saja, dan sekarang sudah banyak dijual secara online. Indukan dubia tidaklan terlalu mahal, dengan harga tertinggi kisaran 5000 sampai 10000 per ekor.

Comment