My Android
Pidato Baznas contoh Pidato Sambutan Rapat koordinasi Baznas
Wednesday, 26 May 2021 09:02 am
My Android

My Android

GARUDA

 

Assalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh,
Salam sejahtera bagi kita sekalian,
Yang saya hormati :

 

Alhamdulillahirobbil‘alamiin,
Puji syukur marilah kita panjatkan ke-Hadirat Allah SWT Tuhan yang Maha Pengasih, atas segala Rahmat dan Hidayah-Nya, sehingga kita masih dipertemukan dalam kondisi sehat wal’afiat tidak ada kendala apapun.

Selanjutnya Shalawat serta salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan alam, Habibina Wanabiyina Muhammad SAW, ahli keluarganya, para sahabatnya, para auliya Allah, para alim ulama serta umatnya yang saleh sampai akhir zaman.

Mengawali sambutan ini, atas nama pribadi, masyarakat dan pemerintah daerah, saya ucapkan terimakasih yang tak terhingga, dan apresiasi yang mendalam kepada Jajaran Pengurus Baznas beserta segenap pihak terkait, yang telah bekerja keras menghimpun dan mengelola Zakat selama ini.

Saya berharap pelaksanaan Rapat Koordinasi Pengurus BAZNAS kali ini, bisa dilaksanakan sebaik mungkin dan bisa diikuti oleh semua peserta secara sungguh-sungguh. Sehingga bisa menghasilkan keputusan yang dapat diimplementasikan dalam bentuk kongkrit, agar lebih mengoptimalkan pengelolaan zakat untuk meningkatkan kesejahteraan umat.

Hadirin yang saya hormati,

Sebagaimana kita ketahui, bahwa terbentuknya BAZNAS, merupakan wujud kepedulian pemerintah dalam ikut memberikan kontribusi terhadap pengelolaan zakat, agar lebih terorganisir dengan standar manajemen yang mengikuti perkembangan jaman.

BAZNAS sendiri, selama ini telah menghimpun dan mengelola zakat dari semua elemen masyarkat maupun birokrasi di lingkungan ......, BUMD, dan institusi lainnya. Zakat tersebut didistribusikan atau ditasyarufkan oleh BAZNAS, kepada mereka yang berhak menerima atau mustahiq, sesuai dengan ketentuan Syariah Islam.

Keberadaan BAZNAS saya nilai merupakan salah satu pengejawantahan dari konsep pembangunan sosial, dimana konsep ini merupakan bentuk evaluasi dan kritik, terhadap konsep pembangunan ekonomi yang hanya terfokus pada kemajuan ekonomi, dan tidak memperhatikan aspek sosial, dan bahkan menyisakan berbagai permasalahan sosial, terutama masalah kemiskinan.

Oleh karenanya, saya meminta kepada segenap jajaran pengurus BAZNAS, agar mampu menciptakan satu kondisi masyarakat  yang terpenuhi kebutuhan material, spiritual dan sosialnya,  serta dapat hidup layak dan mampu mengembangkan diri, untuk dapat melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik.

Bapak-Ibu, hadirin yang berbahagia,

Kita ketahui bersama, bahwa beberapa tahun terakhir ini, BAZNAS telah melakukan pendistribusian zakat berupa bantuan modal bergulir, dan bantuan hewan ternak kepada beberapa kelompok petani kurang mampu di beberapa desa, termasuk zakat produktif.

Saya harapkan bantuan yang telah ditasyarufkan, dapat dimanfaatkan oleh para mustahiq untuk membantu meningkatkan derajat perekonomian keluarga mereka.

Hal ini tentunya perlu sebuah upaya pengawasan dan evaluasi yang menyeluruh, sehingga pemanfaatan dana BAZNAS bisa tepat sasaran dan bisa dimanfaatkan dengan benar. Untuk itu, saya sangat mendukung diadakannya Rakor ini, sebagai upaya menghasilkan sebuah mekanisme untuk meningkatkan kapabilitas dan akuntabilitas dalam pengelolaan zakat. Selain itu, diharapkan juga bisa mengevaluasi pelaksanaan program/kegiatan, masalah-masalah praktis yang dihadapi, sekaligus menentukan langkah-langkah prioritas secara bersama-sama.

Hal ini harus dilakukan agar kepercayaan para muzaki tidak luntur, bahkan dapat menstimulasi pihak-pihak potensial yang belum menjadi muzaki, kelak dapat bergabung dengan BAZNAS, untuk bersama-sama mengembangkan pengelolaan zakat di kabupaten ini.  Dan  kepada seluruh Pimpinan OPD dan ASN , saya menghimbau dan selalu mengingatkan untuk berzakat, berinfaq dan bersodaqoh melalui BAZNAS.

Terkait dengan perkembangan BAZNAS , saya lihat sudah mengalami perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun, dan saya harapkan tahun mendatang akan lebih baik lagi.

Tidak lupa saya mohon kepada para alim ulama, agar bisa mendukung dan memberikan masukan-masukan positif kepada BAZNAS, agar ke depan BAZNAS dapat lebih baik dan lebih berkualitas.

 

Hadirin yang berbahagia,

         Demikian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga apa yang telah kita lakukan, mendapatkan ridho dari Allah SWT, dan bermanfaat bagi hajat hidup orang banyak, khususnya seluruh masyarakat yang kita cintai.

 

Kurang lebihnya mohon maaf,

Billahittaufik Wal Hidayah,

Wassalamu’alaikum Warohmatullohi Wabarokatuh.

 

Daftar Kumpulan naskah pidato sambutan lainnya :

Pidato Ketua PKK pada acara Sosialisasi HIV AIDS
Pidato Pelantikan Kepala Desa
Pidato Serah Terima Ketua Dharma wanita Persatuan (DWP)
Pidato Penasehat Dharma Wanita Persatuan
Pidato Sambutan Gapoktan Kelompok Tani
Pidato Sambutan Khotmil Quran Haflah Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Kebun Bibit Sekolah
Pidato Sambutan Pelantikan Perangkat Desa
Pidato Sambutan Nyadran Perayaan Desa Grebek Desa
PIdato Sambutan Musyawarah Desa
Pidato Sambutan Musrenbangdes
Pidato Sambutan Serah Terima Jabatan PKK
Pidato Sambutan Pembukaan Himpunan PAUD Himpaudi
Pidato Sambutan Workshop Kurikulum PAUD
Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi
Pidato Sambutan Kirab Santri Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat FKDM
Pidato Sambutan Lomba MAPSI
Pidato Sambutan Pelantikan ICMI
Pidato Sambutan PGRI Cabang
PIdato Sambutan Pelatihan Agribisnis Pertanian
Pidato Sambutan Bahasa Indonesia Upacara Hari Pendidikan Nasional
Pidato Sambutan Pembukaan Pameran Pembangunan
Pidato Sambutan Pembukaan Rapat PKK Rakon PKK Evaluasi
Pidato Sambutan Jawa Atur Pambagyo Harjo Sambutan Hari Raya Idul Fitri
PIdato Sambutan Jawa Sohibul Hajat Acara Syukuran
PIdato Sambutan Jawa Pasrah Penganten Kakung
Pidato Sambutan Indonesia Maulid Nabi
Pidato Sambutan Kepala Desa Rakon PKK
Pidato Kepala Desa Himbauan Covid Kepada Warga Masyarakat