No icon

Sambutan Maulid Nabi

Contoh Naskah Pidato Bahasa Indonesia tentang Maulid Nabi

ASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH...

YANG SAYA HORMATI :

• BAPAK KAPOLSEK .........................

• BAPAK DANRAMIL .........................

• PARA SESEPUH DAN PINISEPUH YANG HADIR

• ALMUKAROM BAPAK KH. ……. DARI ……….. YANG SENANTIASA KITA NANTI-NANTIKAN MAUIDHOHASANAHNYA;

• PARA ALIM, PARA ULAMA, TOKOH AGAMA DAN TOKOH MASUYARAKAT YANG HADIR;

• KADES ………….. BESERTA PERANGKATNYA

• PIMPINAN LEMBAGA DESA BESERTA ANGGOTANYA

• HADIRIN, WAL HADIROT, MUSLIMIN WAL MUSLIMAT

• SEGENAP UNDANGAN DAN HADIRIN YANG BERBAHAGIA.

       .

MENGAWALI SAMBUTAN INI, SAYA MENGAJAK KEPADA BAPAK, IBU DAN HADIRIN SEKALIAN, MARILAH KITA PANJATKAN PUJI DAN  SYUKUR KEHADIRAT ALLAH SWT,  BERKAT CURAHAN RAHMAT DAN RIDHO-NYA, SEHINGGA PADA KESEMPATAN INI KITA DAPAT BERKUMPUL DI SATU TEMPAT DAN SUASANA YANG PENUH BERKAH, PENUH RAHMAT SERTA DALAM KONDISI YANG SEHAT WAL AFIAT TANPA ADA ARAL SESUATU APAPUN DALAM RANGKA MENGHADIRI ACARA PERINGATAN MAULID NABI MUHAMMAD SAW TAHUN ….. HIJRIYAH BERTEMPAT DI DUSUN KEMRANGGEN DS. WULUNGSARI PADA HARI INI RABU  TANGGAL  21 JANUARI 2019.

SALAM DAN SHALAWAT SEMOGA SENANTIASA TERCURAH KEPADA JUNJUNGAN KITA, NABI MUHAMMAD SAW SEBAGAI SOSOK MANUSIA TELADAN DAN RAHMATAN LIL ALAMIN. SEMOGA KITA SEMUA MERUPAKAN BAGIAN DARI UMATNYA YANG KELAK MEMEROLEH SAFAATNYA DI YAUMIL AHIR.

BAPAK, IBU DAN HADIRIN YANG SAYA HORMATI

MERUPAKAN SEBUAH KEBAHAGIAN TAK TERHINGGA BAGI KITA SEMUANYA, KARENA PADA HARI INI KITA SECARA BERSAMA-SAMA MENDAPATKAN KESEMPATAN UNTUK BER-SILATURRAHIM DALAM SUASANA YANG AGAMIS, PENUH KHIDMAT DAN PENUH SEMANGAT SERTA TUMBUHNYA RASA KEKELUARGAAN DALAM RANGKA MENGENANG KELAHIRAN NABI MUHAMMAD SALLALAHU ALAIHI WASALLAM,

SAYA BERHARAP DAN MUNGKIN AKAN MENJADI HARAPAN KITA BERSAMA, BAHWA SELAIN MEMPERINGATI KELAHIRAN NABI SEPERTI YANG KITA LAKSANAKAN SAAT INI, TAK KALAH PENTINGNYA ADALAH BAHWA TELADAN DAN PETUNJUK YANG TELAH BELIAU WARISKAN KEPADA PARA SAHABAT KEMUDIAN GENERASI SELANJUTNYA YANG BERANGSUR TURUN-TEMURUN SAMPAI KEPADA KITA UMAT ISLAM SAAT INI,  DAPAT DIAMALKAN SEBANYAK MUNGKIN DAN SESUAI DENGAN APA YANG BELIAU AJARKAN, TIDAK MELENCENG, TIDAK DIKURANGI DAN JUGA TIDAK DILEBIHKAN.

SEBAB PADA DIRI NABI MUHAMMAD SALLAHU ALAIHI WASALLAM TELAH ADA CONTOH DAN TELADAN SEBAIK-BAIK MANUSIA, DALAM KATA LAIN, TELAH SEMPURNA AKHLAK BELIAU BERDASARKAN PETUNJUK ALLAH SWT MELALUI PERANTARA MALAIKAT JIBRIL.

HADIRIN WAL HADIRAT YANG SAYA  MULIAKAN ;

ATAS NAMA PEMERINTAH KECAMATAN ......................... TIDAK LUPA PULA SAYA MENGHATURKAN TERIMA KASIH KEPADA IBU WAKIL BUPATI  PADA KESEMPATAN YANG BAIK INI TELAH BERKENAN HADIR SECARA PRIBADI UNTUK MEMBERSAMAI KITA SEMUA.

YANG KEDUA,  SAYA  JUGA INGIN BERTERIMA KASIH ATAS PARTISIPASI SEGENAP MASYARAKAT DI WILAYAH DESA INI SEHINGGA SENANTIASA TERCIPTA STABILITAS DAN KETERTIBAN MASYARAKAT YANG KONDUSIF DI DAERAH YANG KITA CINTAI INI.

BERAWAL DARI SUASANA YANG KONDUSIF INILAH,  MAKA SUDAH WAKTUNYA, MASYARAKAT  SENANTIASA   BERKONSENTRASI UNTUK MELAKUKAN PEMBANGUNAN, BAIK MEMBANGUN DI BIDANG MENTAL AGAMA,  PEMBANGUNAN SPIRITUAL IMAN ,  TERMASUK PEMBANGUNAN DI BERBAGAI SEKTOR, MULAI DARI WILAYAH BAWAH SAMPAI KEPADA SELURUH KOMPONEN MASYARAKT SECARA KESELURUHAN.

MEMBANGUN SEBUAH DAERAH BUKANLAH HAL MUDAH NAMUN JUGA BUKAN HAL YANG SULIT. KEBERHASILAN PEMBANGUNAN  HANYA BUTUH KEBERSAMAAN DAN TEKAD YANG KUAT UNTUK MEWUJUDKANNYA. APALAGI DAERAH INI ADALAH WILAYAH YANG MEMILIKI BEGITU BANYAK POTENSI DAN ASPEK PENDUKUNG LAINNYA, YANG BELUM TENTU DIMILIKI OLEH DAERAH LAINNYA. KECAMATAN ......................... ADALAH TERMASUK WILAYAH YANG MEMILIKI SUMBER DAYA ALAM YANG MELIMPAH DAN BERAGAM,

LAHAN PERTANIANNYA SUBUR, DAN YANG JELAS BAHWA WILAYAH KECAMATAN SELOMEERTO ADALAH TERMASUK PENOPANG PANGAN BAGI KABUPATEN .....................,  SEBAB ITU  KITA HANYA TINGGAL BUTUH SEMANGAT DAN TEKAD AGAR DAPAT BERKREASI DAN BERINOVASI MEMANFAATKAN POTENSI ALAM  DAN PELUANG YANG KITA MILIKI.

HADIRIN YANG BERBAHAGIA

SELANJUTNYA  SAYA MENGAJAK  SELURUH MASYARAKAT SENANTIASA MEMELIHARA, MENJAGA DAN MENINGKATKAN KERUKUNAN DAN SEMANGAT SALING MENGHARGAI. MARI TERUS BERUSAHA MENGOKOHKAN KEBERSAMAAN DAN MENJAGA KETENANGAN, TIDAK MUDAH TERPENGARUH INFORMASI YANG TIDAK JELAS SUMBERNYA DAN BERPOTENSI MERUGIKAN DIRI SENDIRI DAN ORANG LAIN. STABILITAS KEAMANAN ADALAH SYARAT UTAMA DAPAT BERLANGSUNGNYA PROSES PEMBANGUNAN.

SEBAGAI MUSLIM DAN WARGA MASYARAKAT YANG BAIK, MARI KITA SELALU MENUNJUKKAN JATIDIRI SEBAGAI UMAT YANG MAMPU BERSIKAP DAN BERPERILAKU SESUAI AJARAN ISLAM.

TAK KALAH PENTINGNYA,MARI KITA TERUS BERUPAYA MENINGKATKAN IMAN DAN TAQWA KITA SEHINGGA KITA TIDAK TERGOLONG ORANG YANG MERUGI. SEBAGAIMANA PERINGATAN DALAM AJARAN ISLAM UNTUK SELALU BERUSAHA MENJADIKAN HARI INI LEBIH BAIK DARI KEMARIN, DAN BESOK LEBIH BAIK DARI HARI INI.

BAPAK,IBU, HADIRIN DAN UNDANGAN YANG SAYA HORMATI.

SELAIN HAL  TERSEBUT, PADA KESEMPATAN INI AKAN SAYA SAMPAIKAN PULA BEBERAPA HAL TERKAIT TENTANG FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT,

BAHWA BERDASARKAN PERATURAN  MENDAGRI NO; 12 TAHUN 2006 TENTANG KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT, MAKA DALAM UPAYA MENJAGA PERSATUAN, KESATUAN, KERUKUNAN NASIONAL SERTA KEUTUHAN NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA, SERTA MEWUJUDKAN KETENTRAMAN, KETERTIBAN DAN PERLINDUNGAN MASYARAKAT, PERLU DILAKUKAN UPAYA-UPAYA KEWASPADAAN SECARA DINI, YAITU  KEPEKAAN, KESIAGAAN, DAN ANTISIPASI MASYARAKAT DALAM MENGHADAPI POTENSI DAN INDIKASI KEMUNGKINAN TIMBULNYA BENCANA, BAIK BENCANA PERANG, BENCANA ALAM, DAN BENCANA YANG LAINNYA ;

SEBAGAI LANGKAH ANTISIPASI HAL TERSEBUT, MAKA PEMERINTAH SUDAH MEMBENTUK FORUM KEWASPADAAN DINI MASYARAKAT    ( FKDM ) SERTA DEWAN PENASEHAT FORUM KEWASPADAA DINI MASYARAKAT ( WANHAT FKDM ) DARI TINGKAT PROPINSI, KABUPATEN, KECAMATAN, SAMPAI TINGKAT DESA/KELURAHAN, DAN BELUM LAMA INI PEMERINTAH KABUPATEN .....................  TELAH MELAKUKAN ROAD SHOW KE WILAYAH KECAMATAN DALAM RANGKAIAN KEGIATAN SARASEHAN OPTIMALISASI FKDM DESA/KELURAHAN DAN KECAMATAN , TERMASUK JUGA DI KECAMATAN ..........................

BERKAITAN DENGAN HAL TERESEBUT SAYA MEMGAJAK  KEPADA SEMUA ELEMEN MASYARAKAT  AGAR  BISA BERPERAN AKTIF UNTUK  MENJARING, MENAMPUNG, MENGKOORDINASIKAN DAN MENGKOMUNIKASIKAN, SERTA MENDATA KEMUDIAN MELAPORKAN KEPADA FKDM DAN APARAT SETEMPAT,  MANAKALA ADA POTENSI ANCAMAN KEAMANAN, GEJALA ATAU PERISTIWA BENCANA,  DALAM RANGKA UPAYA PENCEGAHAN DAN PENAGGULANGAN SECARA DINI,

MENGINGAT KERUKUNAN ANTAR UMAT BERAGAMA ADALAH BAGIAN INTEGRAL DARI KERUKUNAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA. OLEH KARENA ITU SAYA HARAPKAN KIRANYA  PERMENDAGRI NOMOR 12 TAHUN 2006 TENTANG FKDM TERSEBUT, JUGA SEBAGAI PEDOMAN OLEH UMAT ISLAM PADA KHUSUSNYA DAN MASYARAKAT INDONESIA PADA UMUMNYA,  GUNA MEWUJUDKAN DAN MEMELIHARA MASYARAKAT YANG SEMAKIN RUKUN, DAMAI DAN MAJU.

BAPAK, IBU, HADIRIN WAL HADIROT YANG SAYA HORMATI

SEBELUM MENGAKHIRI SAMBUTAN INI, MARI FOKUSKAN HATI KITA SEJENAK, SERAYA  TURUT  MERASAKAN KEPRIHATINAN ATAS MUSIBAH BENCANA DI BEBERAPA TEMPAT  YANG BARU SAJA  DIALAMI OLEH SAUDARA-SAUDARA KITA DI TANAH AIR INI, DIANTARANYA BENCANA TANAH LONGSOR DI WILAYAH KECAMATAN KARANGKOBAR KABUPATEN BANJARNEGARA YANG TELAH MENELAN KORBAN RATUSAN ORANG MENINGGAL DUNIA AKIBAT TERTIMBUN BENCANA  TANAH LONGSOR, MENYUSUL MUSIBAH BENCANA  KEBAKARAN DI PASAR INDUK DAN DI PASAR TRADISIONAL KLEWER SOLO, SERTA JATUNYA PESAWAT AIR ASIA PADA TANGGAL  28 DESEMBER  2014 YANG LALU.

MARILAH KITA DOAKAN SEMOGA ARWAH PARA KORBAN BENCAN YANG MENINGGAL DUNIA DIAMPUNI DOSA-DOSANYA DAN DITEMPATKAN DI TEMPAT YANG LAYAK DI SISINYA,. KEMUDIAN SANAK SAUDARA DAN KELUARGA YANG DITINGGALKAN  SEMOGA DIBERI KETABAHAN DALAM MENJALANI MUSIBAH  INI.

TERMASUK KEPADA SAUDARA-SAUDARA KITA YANG BARU SAJA MENDAPAT MUSIBAH KEBAKARAN DI PASAR INDUK DAN PASAR KLEWER SOLO , SEMOGA DIBERI KETABAHAN, DAN KEKUATAN .

YANG TERAHIR, MARILAH KITA SELALU WASPADA TERKAIT MUSIM PENGHUJAN DAN CUACA YANG  KURANG BERSAHABAT PADA SEKITAR BULAN DESEMBER DAN KEMUNGKINAN JUGA SAMPAI BULAN MARET 2019 NANTI.

TERKAIT DENGAN MUSIM PENGHUJAN YANG MASIH CUKUP LAMA, MAKA  TIDAK MENUTUP KEMUNGKINAN BENCANA BANJIR DAN TANAH LONGSOR, SERTA BENTUK BENCANA YANG LAIN   BISA TERJADI SEWAKTU-WAKTU.

BAPAK,IBU HADIRIN YANG SAYA HORMATI

MENGAKHIRI SAMBUTAN INI MARILAH  KITA BERDOA, SEMOGA ALLAH SWT SELALU MEMBERI PETUNJUK DAN KEKUATAN KEPADA KITA DALAM BEKERJA SESUAI BIDANG TUGAS DAN PROFESI MASING-MASING DAN MEMPEROLEH HASIL YANG DIRIDHOI ALLAH SWT UNTUK KESEJAHTERAAN YANG MERATA DAN BERKEADILAN MENUJU MASYARAKAT YANG SEJAHTERA.

SEKIAN DAN TERIMAKASIH, MOHON MAAF ATAS SEGALA KEKURANGANNYA.

WASSALAMU ALAIKUM WARAHMATULLAHI WABARAKATUH.

 

 

Daftar Kumpulan naskah pidato sambutan lainnya :

Pidato Serah Terima Ketua Dharma wanita Persatuan (DWP)
Pidato Sambutan Gapoktan Kelompok Tani
Pidato Sambutan Khotmil Quran Haflah Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Kebun Bibit Sekolah
Pidato Sambutan Halal Bi Halal Kelompok Tani
Pidato Sambutan Haflah Khotmil Quran Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Pelantikan Perangkat Desa
Pidato Sambutan Nyadran Perayaan Desa Grebek Desa
PIdato Sambutan Musyawarah Desa
Pidato Sambutan Musrenbangdes
Pidato Sambutan Serah Terima Jabatan PKK
Pidato Sambutan Pembukaan Himpunan PAUD Himpaudi
Pidato Sambutan Workshop Kurikulum PAUD
Pidato Sambutan Pelayanan Administrasi
Pidato Sambutan Kirab Santri Pondok Pesantren
Pidato Sambutan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat FKDM
Pidato Sambutan Lomba MAPSI
Pidato Sambutan Pelantikan ICMI
Pidato Sambutan PGRI Cabang
PIdato Sambutan Pelatihan Agribisnis Pertanian
Pidato Sambutan Bahasa Indonesia Upacara Hari Pendidikan Nasional
Pidato Sambutan Pembukaan Pameran Pembangunan
Pidato Sambutan Pembukaan Rapat PKK Rakon PKK Evaluasi

Pidato Sambutan Jawa Atur Pambagyo Harjo Sambutan Hari Raya Idul Fitri
PIdato Sambutan Jawa Sohibul Hajat Acara Syukuran
PIdato Sambutan Jawa Pasrah Penganten Kakung
Pidato Sambutan Indonesia Maulid Nabi
Pidato Sambutan Kepala Desa Rakon PKK
Pidato Kepala Desa Himbauan Covid Kepada Warga Masyarakat

Comment