No icon

mendaftar prakerja

Langkah - Langkah mendaftar Prakerja Gelombang 19

Prakerja Gelombang 19 telah dibuka,  yuk simak hal-hal apa saja yang perlu kita siapkan dan lakukan untuk melakukan pendaftaran !

> Kelengkapan
Untuk melakukan pendaftaran prakerja gelombang 19 ini tentunya beberapa kelengkapan wajib ini harus kita siapkan, dan harus ada
1. KTP (KTP yang asli)
2. Kartu Keluarga
3. Email yang aktif dan  milik sendiri.
4. Nomor HP aktif dan bisa dihubungi
5. Perangkat (HP/Smartphone) dan jaringan internet
Jika diterima nantinya nomor HP dan email aktif tersebut akan tetap digunakan selama minimal 6 bulan kedepan.

> Tahap / Langkah-langkah Mendaftar Prakerja
1. Kunjungi situs www.prakerja.go.id

pastikan bahwa link yang dituju adalah prakerja.go.id, selain link diatas biasanya adalah scam atau penipuan


2. Klik tombol daftar yang terletak di sebelah kanan atas

Kemudian isikan alamat email yang sudah disiapkan sebelumnya dan masih aktif, dan juga password yang nanti akan digunakan untuk mengakses kartu prakerja, gunakan password yang tidak mudah ditebak, dan pastikan catat dan simpan password di tempat yang aman bila sewaktu-waktu lupa password.

Centang di bagian persetujuan (Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku). kemudian klik tombol "Buat Akun".
3. Buka email yang digunakan untuk pendaftaran tadi, kita akan mendapatkan kiriman email dengan Subjek Kartu Prakerja dari no-reply@prakerja.go.id, buka email tersebut kemudian klik tombol Verifikasi Email warna biru.

Setelah itu kita akan mendapatkan notifikasi bahwa email berhasil terverifikasi, kemudian klik tombol "Masuk ke Akun Kamu"

4. Login kembali dengan cara masukan email dan password, klik tombol "Masuk", setelah berhasil login kembali kita akan menemukan halaman Verifikasi KTP

> Verifikasi KTP
   Masukkan Nomor KTP, Nomor KK dan tanggal lahir, kemudian klik tombol "Lanjutkan"
> Data Diri

   Isikan semua data diri yang ada di fom data diri pastikan data yang diisi benar, termasuk data ibu kandung juga disamakan dengan kartu keluarga. data diisi meliputi : (Nama Lengkap, Alamat Sesuai KTP, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan, Jenis Kelamin, Pendidikan Terakhir, Status Perkawinan, Jumlah Tanggungan, Status KEbekerjaan, Topik Pelatihan Yang Ingin Diikuti, Masukkan Foto KTP dengan klik tombol "Ambil Foto KTP", kemudian kita langsung diarahkan ke kamera hp, untuk memfoto KTP secara potrait/berdiri, pastikan KTP terfoto secara jelas.
Centang pada tulisan "Saya bersedia mengisi seluruh data yang dibutuhkan dengan sejujur-jujurnya"
kemudian klik tombol "Lanjutkan"
> Nomor HP
  Masukkan nomor HP aktif untuk menerima SMS kode OTP, kemudian klik tombol "Kirim"
  Setelah menerima kode OTP berupa sms ke nomor HP kita, masukkan 6 digit kode OTP nya, kemudian klik tombol "Verifikasi"

> Isi Pernyataan Pendaftar
   "Apakah kamu DIreksi, komisaris dan Dewan Pengawas pda BUMD?"
pilih Tidak, kemudian klik tombol "Berikutnya" kemudian isikan juga jawaban untuk pertanyaan lainnya kemudian klik tombol "Selesai"
 

> Langkah Terakhir
Sebagai prasyarat untuk menerim Kartu Prakerja, maka kita harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
Ikuti beberapa petunjuk yang tertera sebelum memulai tes. Setelah itu klik tombol "Mulai Tes Sekarang" kemudian selesaikan semua  soal dengan waktu dibatasi sesuai batasan waktu yang tertera. Jika sudah selesai mengerjakan klik tombol "Selesai" , maka akan muncul Konfirmasi Jawaban "Sudah yakin dengan semua jawabanmu?" pilih tombol "Ya, Sudah"

Kemudian klik tombol "Cek Dashboard"

Setelah muncul tampilan Verifikasi Foto e-KTP, kita tinggal menunggu verifikasi E-KTP diselesaikan. ini biasanya berlangsung hanya beberapa saat saja. kemudian akan muncul Gelombang Pelatihan dan Pendaftaran Dibuka, klik tombol "Gabung", muncul notifikasi konfirmasi pilih tombol "Ya,Gabung", kemudian klik lagi tombol "Saya menyetujui"

> Yay! Pendaftaranmu Sedang Kami Evaluasi
Jika muncul tampilan ini maka kita tinggal menunggu Kartu Prakerja Kita di evaluasi. Pengumumannya lolos tidaknya untuk Prakerja ini akan dilaksanakan setelah pendaftaran ditutup.

 

 

 

 

 

 

Comment