No icon

wawancara kerja

5 Pertanyaan yang sering diajukan saat Wawancara Kerja

JIka kita ingin melawar kerja pada sebuah instansi ataupun perusahaan, tentunya kita akan melewati beberapa tahapan seleksi salah sastunya dalah Wawancara kerja atau interview, nah untuk melakukan wawancara selain kita harus melakukan persiapan, kita harus tahu hal-hal apa saja yang paling sering ditanyakan kepada kita sebagai calon karyawan.
1 Gaji
jawaban terhadap pertanyaan terkait gaji ini memang terkadang menjebak dan agak sulit untuk dijawab. Tentunya untuk menjawab hal ini kita perlu mempelajari terlebih dahulu seluk beluk perusahaan yang kita lamar, posisi, tingkat kesulitan dan tentunya biaya hidup di sekitar lingkungan perusahan. Kita perlu mencari tahu terlebih dahulu standar gaji di perusahaan tersebut terkait tingkat keahlian dan kesesuaian gaji. Jadi intinya kita perlu menjawab secara realistis setelah mengetahui data tersebut.
2 Perkenalan Diri
Perkenalan diri merupakan hal sangat menentukan, apakah nanti kita akan dinilai baik atau buruk oleh tim seleksi atau HRD. Sebaiknya kita perlu melakukan latihan untuk melakuka perkenalan diri, lakukan secara singkat dan ceritakan tentang keunggulan kita, pekerja keras, siap dalam tekanan, semangat tinggi, berintegritas dan memiliki kemampuan team work maupun kerjasama yang dan tentunya hal tersebut perlu kita sesuaikan dengan jabatan atau posisi yang akan kita lamar.
3.Pengetahuan terkait instansi atau perusahaan
Hal ini akan ditanyakan oleh tim seleksi atau HRD, ini juga merupakan pertanyaan yang cukup penting, terkait pendirian perusahaan, tujuan, maupun fungsi perusahaan bergerak dibidang apa, dan hal apa saja dari perusahaan ini yang membuat kita tertarik.
4.Kesuksesan atau prestasi kerja
Kesuksesan dalam bekerja di perusahaan sebelumnya juga akan ditanyakan, karena hal ini berpengaruh terhadap potensi yang nanti akan dicari oleh tim seleksi atau HRD terhadap hal apa saja yang nanti cocok dengan perusahaan yang akan kita lamar.
5. Rencana setelah diterima bekerja
“Apakah rencana yang akan anda lakukan jika diterima diperusahaan kami”, pertanyaan ini sering sekali ditanyakan dipertengahan wawancara atau diakhir wawancara, pertanyaan ini untuk mengetahui kemampuan adaptasi,kecepatan bekerja dan loyalitas terhadap pekerjaan yang akan dilamar.

Comment